29 April 2007

Tutorial interaktif

Ternyata sama lamanya membuat tutorial model animasi dengan model artikel atau buku. Kemarin selasa aku ngasih les bu ni'am lagi. Ketika aku beritahu bahwa buku yang dimiliki sebagai modal belajar PowerPoint sudah sangat memadai beliau menjawab "Gak sempat baca Dek, malah bingung. Enak langsung gini melihat kemudian praktek langsung". Ya. Setelah aku pikir-pikir juga memang benar apa yang beliau katakan. Membaca akan dibutuhkan energi lebih apalagi untuk seorang ibu dengan anak kecil yang masih rewel, belum lagi kesibukan beliau lainnya sebagai wirausaha dan pengurus sebuah organisasi yang cukup besar.

Akhirnya terbesit ide untuk membuat suatu tutorial interaktif dalam format animasi atau aplikasi flash. Sebenarnya untuk membuat tutorial semacam ini tidaklah sulit, yang dibutuhkan mungkin hanyalah program perekam layar, komputer dengan hardware dan yang cukup, karena rupanya aplikasi semacam ini akan memakan resource dan space hardisk yang banyak. Salah satu program terbaik menurutku adalah Wink dari DebugMode. Alhamdulillah versi terakhir yang dirilis saat ini sudah dapat memasukkan suara dalam projek yang dibuat. Dibanding versi sebelumnya yang sempat aku pakai sekitar dua tahun yang lalu memang sudah cukup banyak peningkatan fiturnya, namun demikian untuk interface tidak ada perbedaan yang berarti. Program lain yang juga bagus adalah Camtasia, sayang program ini tidak gratis sebagaimana Wink. Perlu diketahui bahwa, Wink, selain gratis juga cross-platform yang tersedia di lingkungan Windows dan Linux.

Nah kembali lagi ke masalah membuat tutorial untuk Bu Ni'am. Setidaknya kubutuhkan waktu lebih dari 5 jam untuk membuat satu topik tutorial yang jika dituangkan dalam tutorial artikel tidak akan lebih dari 5 halaman A4. Ya, mungkin karena banyak pertimbangannya termasuk besarnya file yang dihasilkan. Bagaimana tidak, rencananya selain untuk dipakai ngelesi juga akan aku upload di ilmukomputer.com (IKC), menyusul artikelku lainnya yang sudah di sana, nah kalau satu topik tutorial ukuran filenya sampai 4 MB bagaimana hayo, selain uploadnya lama karena koneksi internetnya suka putus-putus, juga akan memakan space yang buanyak.

Setelah perampingan sana sini akhirnya jadi juga itu tutorial dengan ukuran yang sudah cukup kecil yaitu sekitar 2,3 MB. Bagaimana hasilnya? Yah untuk saat ini belum sempat mengupload mungkin kapan-kapan saja.

1 comment:

Anonymous said...

Adobe juga punya produk yang lebih bagus lagi tapi aku lupa namanya, cari aja di situsnya.